Bunga mawar beku

holla!
Beberapa hari yang lalu temen SMA saya yang sekarang jadi mahasiswa fikom UNPAD minta tolong saya untuk di wawancara (cihuuy kapan lagi di wawancara) 


saya udah bilang sama si mahasiswa itu kalau saya ini mahasiswa desain produk, tapi dia tetep 'keukeh' pengen wawancara saya aja.
lanjut..
kemudian tanpa ada rasa ingin mengecewakan si temen maka saya pun ngubek-ngubek folder nyari karya yang kira-kira relevan buat tugas ini. (iya saya emang seniman folder, jarang banget nyetak karya ke bentuk fisik :p) akhirnya setelah bertapa tanya sana tanya sini dipilihlah satu karya, yang waktu itu cukup menggambarkan suasana hati yang lagi mendung aduhai (ceile)

tadaaam


foto itu sengaja saya ga kasih judul, saya ga mau suatu judul malah jadi mengekang suatu karya yang harusnya bebas.
foto itu kata temen saya harus dideskripsikan, 
dan deskripsi saya kurang lebih begini :
Proses dari pembuatan karya bagi saya terbagi dalam dua proses yaitu proses dalam dan proses luar. Ketika proses dalam terjadi yang terlibat disini adalah berbagai indera yang ada di tubuh saya, bagaikan spons mereka menyerap segala informasi dan menyampaikan-nya ke otak untuk di olah, di mamah biak. Setelah informasi sampai pada otak disana mereka akan melebur bersama intuisi, novelti(ke-khas-an), dan citra yang berbeda pada setiap individu karena hal tersebut didapat dari pencapaian dan pengalaman individu itu sendiri. Lalu setelah nya informasi tersebut yang telah melebur, juga biasa disebut sebagai ide, siap untuk melanjutkan prosesnya ke tahap proses luar.
Di proses luar ide tersebut akan di realisasikan dengan gerak motorik saya, namun itu juga bergantung skill dan kemampuan saya dalam mengolah fisik, ibaratnya mesin cetak raga ini-lah yang membantu mengubah sebuah imajeri manjadi sesuatu yang nyata, yaitu berupa karya.
Dalam karya saya (foto mawar beku) proses yang berlangsung di dominasi oleh proses dalam yang berupa pra-image, yaitu suatu proses dari alam bawah sadar namun tetap memerlukan informasi dari luar. karena dalam pembuatan karya ini jujur saya tidak begitu menyadari apa inspirasi saya, hasil berupa ide tersebut muncul begitu saja, tanpa saya sadari.
Inspirasi yang saya dapat tidak di dapat dalam waktu singkat, karena seperti yang telah saya katakan di pertanyaan sebelumnya, bahwa karya saya mengalami proses pra-image sehingga ide yang di dapat diperoleh dari inspirasi yang berasal dari pencapaian-pencapaian yang berupa intuisi yang bisa berkembang serta berubah setiap detik dalam hidup saya. jadi intinya inspirasi yang saya dapat, berasal dari pencapaian hidup atau intuisi yang telah saya dapat selama 18 tahun saya hidup di bumi ini. 
galau yah?
yaudah sih saya juga manusia.

No comments:

Post a Comment

monggo dikomentarin :D